Kunjungi Kebun Edukasi Lamsel, PAUD Tunas Ceria dan PAUD Ananda Senam Bersama Dengan Bunda Winarni

 


Lamsel.id – Kebun Edukasi Lampung Selatan mendapatkan kunjungan dari anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tunas Ceria, Desa Jati Baru, Kecamatan Tanjung Bintang dan PAUD Ananda, Kecamatan Kalianda, Kamis (9/12/2021).

Kunjungan tersebut merupakan bentuk media pembelajaran luar ruang bagi anak PAUD Tunas Ceria dan PAUD Ananda, dengan cara mengenalkan lingkungan alam sekitar secara langsung kepada peserta didik.

Selain itu, dalam kunjungan tersebut juga turut dilakukan senam bersama, antara anak-anak PAUD Tunas Ceria dan PAUD Ananda dengan Bunda PAUD Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto.

Nampak hadir pula, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang turut menyapa dan melakukan sesi foto bersama dengan Tenaga Pendidik (Tendik) serta anak-anak PAUD Tunas Ceria dan PAUD Ananda.

Seperti diketahui, Kebun Edukasi Lampung Selatan memang mempunyai banyak fasilitas yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Kemudian, didukung pula dengan adanya playgorund yang mampu membuat anak-anak merasa lebih nyaman.

Kepala PAUD Tunas Ceria sekaligus Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Lampung Selatan Dyah Atik Citra Rukmi, mengucapkan terimakasih kepada Bunda Winarni dan Bupati Nanang Ermanto karena telah menyempatkan hadir dalam kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah terimakasih banyak bunda Winarni berkenan bisa hadir menemui kami, anak-anak PAUD Tunas Ceria, Kecamatan Tanjung Buntang, dan juga berikut bapak, pak Bupati bisa hadir menemani,” ujarnya.

Menurut Dyah Atik, hal tersebut merupakan bentuk keberkahan tersendiri yang dirasakan oleh Tendik dan anak-anak PAUD Tunas Ceria serta PAUD lainnya, yang sedang melakukan kunjungan pada saat yang bersamaan.

“Ini adalah suatu keberkahan buat kami PAUD Tunas Ceria, selamat bergabung juga PAUD Tunas Ceria dari Kalianda. Ini PAUD Tunas Ceria Dari Tanjung Bintang,” tuturnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menjelaskan, Kebun Edukasi merupakan salah satu sarana pembelajaran yang disediakan oleh pemerintah untuk seluruh elemen masyarakat.

“Kebun edukasi ini adalah taman atau tempat untuk mengedukasi masyarakat, keluarga dan anak didik di Kabupaten Lampung Selatan dari tingkat SMA hingga PAUD,” jelasnya.

Bunda Winarni menambahkan, pembangunan kebun edukasi ditujukan agar masyarakat dapat memahami, seberapa pentingnya pemanfaatan pekarangan rumah.

Dengan memanfaatkan lahan sekitar rumah dengan baik, lanjutnya, pemenuhan gizi keluarga menjadi lebih mudah. Disisi lain, dapat pula meningkatkan ketahanan pangan di Lampung Selatan.

“Agar peduli kepada lingkungan, peduli kepada lahan-lahan tidur yang tidak digunakan di pekarangan sekolah atau halaman rumah anak-anak bunda semua. Jadi kalau dirumahnya belum ada tanamannya, sampai rumah harus ditanami bunga, sayur dibikin kebun, harus punya kolam,” jelasnya lebih lanjut.

Winarni mengungkapkan, Kebun Edukasi Lampung Selatan nantinya juga akan dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran outdoor bagi peserta didik, mengenai tata cara menanam tanaman yang baik dan benar.

“Pak Bupati nantinya akan menyiapkan polybag (kantong tanaman) kecil, ketika ada anak PAUD yang datang ke Kebun Edukasi diberikan pembelajaran untuk menanam nanti hasilnya bisa dibawa pulang,” ungkapnya. (ptm).