Jelang Lebaran 1443 H, Harga Bahan Pokok di Pasar Inpres Kalianda Mulai Merangkak Naik

 


Lamsel - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Inpres Kalianda, Lampung Selatan, mulai mengalami kenaikan.

Beberapa komoditi yang kenaikannya cukup dirasakan diantaranya, daging ayam, daging sapi, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.

Salah satu pedagang sayur mayur mengatakan, kenaikan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Inpres tersebut sudah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu.

"Yang membludak naiknya itu cabai, naik 10 ribu dari harga sebelumnya 30 ribu sekarang tembus 40 ribu, kalau bawang cuma naik 5 ribu. Baru sekitar dua harian ini naiknya," kata ibu-ibu penjual sayur.

Sementara itu, Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lampung Selatan, H. Yusri SE, MM., mengatakan kenaikan sejumlah bahan pokok di pasar tradisional saat ini dinilai tidak terlalu tinggi dan masih terbilang wajar.

"Walaupun ada kenaikan tapi tidak terlalu signifikan," ujar Yusri, usai melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar Inpres kalianda, Selasa (26/04/2022).

Kendati demikian, pria yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Lamsel Bidang keuangan ini tak menampik bahwa kenaikan harga sejumlah bahan pokok menjelang lebaran, kerap terjadi.

"Komiditi yang naiknya cukup tinggi hanya cabai. Daging ayam hanya naik 3 ribu dan kalau untuk daging sapi saat ini harganya 140 ribu, daging sapi memang setiap jelang lebaran pasti naik," jelasnya.

Sementara untuk stok kebutuhan bahan pokok di pasar Inpres Kalianda, menurut Yusri, masih terbilang aman dan melimpah. "Kalau untuk stok tadi kita pantau masih aman," pungkasnya.

Dari pantauan, giat monitoring tersebut juga diikuti oleh sejumlah kepala OPD, diantaranya Plt. Kepala Disdagperin Lamsel, Hendra Jaya, Kepala DKP Lamsel Ir Yansen Mulya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Lamsel Hewan Ir. Rini Ariasih, dan KUPT Pasar Inpres Kalianda Ella Agustianus, SE, MM., serta beberapa Kepala OPD terkait lainnya. (Red)