Pesta Rakyat di Agrowisata Kalianda Siap Digelar Besok

KALIANDA - Pesta Rakyat yang digelar dalam rangka memajukan pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lampung Selatan siap digelar besok, 16 Juli 2022.

Kegiatan yang diawali dengan senam bersama ini bakal berlangsung selama 2 hari berturut-turut, yaitu pada Sabtu 16 Juni 2022 hingga Minggu 17 Juli 2022 mulai pukul 06.30 WIB di Agrowisata belakang GOR Way Handak (GWH) Kalianda Lampung Selatan.

Koordinator Kegiatan Pesta Rakyat Rizqi Haqquan menuturkan, berbagai kegiatan menarik, seperti lomba burung berkicau, jemur bareng bonsai, senam bersama, pasar murah, stand IKM, UMKM, dan pariwisata akan turut meramaikan kegiatan tersebut.

Terdapat juga berbagai pelayanan gratis untuk masyarakat, seperti perekaman/cetak KTP dan KK, SIM Keliling, Pengambilan Tilang, Donor Darah, Konsultasi Hukum, dan Pelayanan Perizinan Berusaha.

“Untuk menarik masa dari luar, berbagai kegiatan yang menarik dilaksanakan dalam Pesta Rakyat ini, seperti lomba burung kicau, ada gelar bonsai juga keluaran dari Komunitas Kalianda Bonsai Club dan pasar murah,” tutur Rizqi saat ditemui dilokasi Pesta Rakyat, Jum’at (15/7/2022).

Rizqi mengatakan, kegiatan Lomba Burung Berkicau diikuti peserta dari beberapa daerah, baik dari Pulau Sumatera maupun dari Pulau Jawa. Adapun, persiapan Pesta Rakyat hingga sore ini telah mencapai 70 persen, mulai dari pemasangan tenda hingga pemasangan meja VIP.

Dirinya menyebut, berbagai doorprize menarik juga turut memeriahkan Lomba Burung Berkicau, mulai dari 3 buah voucher menginap di hotel wisata Lampung Selatan, murai batu trotol 4 ekor, sepeda, bonsai, kulkas, kompor gas hingga 2 voucher menginap semalam + breakfast di Hotel Sheraton Bandar Lampung.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan, Mulyadi Saleh mengungkapkan, untuk mendukung Pesta Rakyat, dengan moto memajukan pariwisata dan UMKM di Lampung Selatan, maka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan turut membuka stand untuk tempat promosi pariwisata yang ada di Lampung Selatan.

“Untuk lomba gantang burung berkicau terbuka untuk umum dan hingga saat ini pendaftar ada yang dari wilayah Tanggerang dan seluruh Lampung. Persiapan untuk besok, sebagian tenda sudah dipasang, pemasangan meja VIP dan untuk persiapan Bonsai sudah mencapai 100%,” ujarnya.


“Kita sudah menyiapkan promosi wisata dengan bentuk vidio yang akan ditayangkan, kita juga sudah menyediakan fasilitasnya untuk memutar vidio itu agar masyarakat nanti bisa melihat berbagai ragam pariwisata yang dimiliki oleh Lampung Selatan,” ungkapnya.

Mulyadi Saleh menambahkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga telah menyiapkan berbagai paket perjalanan wisata. Ada 14 paket perjalanan wisata yang nantinya akan dijajakan oleh masyarakat yang hadir di Pesta Rakyat tersebut.

"14 paket yang telah kita buat, dimana mereka yang telah tiba di Bakauheni ada paket-paketnya yang dia ingin kemana, ketika dia dari Bandara atau dari mana juga seperti itu. Kenapa paket-paket ini kita persiapkan agar mereka nanti, ketika ingin berwisata ke Lampung Selatan mereka tinggal memilih paket-paket mana yang akan dipilih,” pungkasnya. (Nsy).