Menteri Sosial RI Beri Bantuan Kepada Korban Banjir di Lamsel


POJOKRAKYAT – Kementerian Sosial Republik Indonesia (RI) memberikan bantuan sosial kepada korban yang terdampak musibah banjir di Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (2/11/2022).

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) Tri Rismaharini kepada para korban yang terdapat di Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Sidomulyo. Kedua kecamatan tersebut merupakan wilayah banjir terparah yang menimpa Kabupaten Lampung Selatan.

Didampingi oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini juga turut menyambangi anggota keluarga dari korban banjir yang meninggal dunia di Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Sidomulyo.

Hadir juga, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi serta sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Lampung lainnya. Kemudian, anggota Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Lampung Selatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Thamrin beserta jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Mengawali kunjungannya, perempuan yang akrab disapa Risma itu menyambangi para korban banjir yang terdapat di Desa Banyumas Kecamatan Candipuro, yaitu Kholisoh (54) istri dari Alm. Mat Darip (57) dan Solihah (50) istri dari Alm. Royani (51) yang meninggal dunia akibat terseret arus banjir.

Pada kesempatan itu, dirinya memberikan bantuan senilai Rp.30 juta, biaya pendidikan untuk 2 orang anak dan 1 ekor Sapi. Kemudian Rp.15 juta dari Bupati Lampung Selatan dan Rp.15 juta dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Endro Suswantoro Yahman.

Sementara di Desa Sukamaju Kecamatan Sidomulyo, Risma memberikan santunan uang tunai senilai Rp.15 juta, kemudian bantuan juga diberikan oleh Endro Suswantoro Yahman senilai Rp.15 juta.

Bantuan tersebut diserahkan kepada Samsudin (43) yang merupakan orang tua dari Almh. Rohimah (15) dan Almh. Romlah (12), korban dari dampak banjir pada tanggal 27 Oktober 2022 lalu.

Terdapat pula, peralatan dapur dan logistik, seperti piring makan, mangkok soto, gelas tingkat, sendok nasi, sendok sop, mangkok sop, mangkok sayur, pisau, sendok makan, galon air 10 liter, ketel bunyi polish, peralatan ibadah, selimut, karpet dan matras serta beberapa bantuan lainnya.

Tri Rismaharini menjelaskan, bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial tersebut merupakan kebutuhan prioritas yang diperlukan oleh para korban banjir. Selain juga dukungan moral agar para korban dapat tetap semangat dalam melanjutkan kehidupan kedepan.

“Kami memberikan santunan kepada korban banjir berupa kebutuhan sehari-hari, ada selimut peralatan dapur dan peralatan makan, biasanya kalau ada banjir ini yang dibutuhkan. Tadi kami berikan bantuan juga biaya pendidikan untuk anak, kita bayar untuk satu tahun. Santunan kita serahkan bersama-sama dengan pak Bupati dan pak Hendro,” kata Risma.

Sementara itu, penerima bantuan Samsudin (43) merasa sangat bersyukur dan mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah peduli terhadap musibah yang telah menimpa keluarganya.

“Terimakasih atas bantuan yang diberikan untuk keluarga kami. Ini adalah rezeki dari Allah SWT yang disedekahkan kepada saya dan keluarga, semoga digantikan oleh Allah SWT,” ujarnya. (ptm)