HUT ke 104, Eksistensi Damkar Lampung Selatan Diapresiasi


POJOKRAKYAT – Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan diharapakan semakin menguatkan eksistensi, konsistensi dan profesionalisme dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Demikian harapan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan disampaikan dalam upacara peringatan HUT ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2023.

Upacara peringatan HUT ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tingkat Kabupaten Lampung Selatan digelar di Lapangan Korpri, Kalianda (6/3/2023), mengambil tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangguh, Rakyat Tumbuh, Indonesia Maju”.

“Saya memberikan apresiasi atas kinerja petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang telah menunjukkan dedikasi dalam memberikan perlindungan bahaya api maupun segala kondisi kedarutan lainnya yang ada ditengah-tengah masyarakat,” ujar Thamrin.

Lebih lanjut Thamrin menyampaikan, bahwa Kabupaten Lampung Selatan termasuk daerah memiliki potensi kebencanaan, seperti banjir, tsunami dan kebakaran, terutama pada daerah-daerah padat penduduk, seperti di Kecamatan Natar, Tanjung Bintang dan kecamatan lainnya.

“Mengingat kondisi tersebut, maka saya minta fungsi penyelamatan pemadam kebakaran perannya harus dimaksimalkan lagi. Personel Damkar sendiri harus mempunyai kemampuan dan jiwa korsa dalam menjalankan tugas penyelamatan,” imbuh Thamrin.

Menurut Thamrin, ibarat pasukan inti, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan harus dilengkapi dengan satuan khusus yang memiliki keterampilan kualifikasi ketangkasan yang tinggi.

“Sehingga akan menjadi elemen utama untuk mencapai respons time atau cepat tanggap dalam menghadapi berbagai ancaman kebencanaan. Mulai dari pencegahan, tanggap darurat dan pasca kejadian terutama bencana kebakaran,” kata Thamrin.

Thamrin juga mengingatkan, profesionalisme dan kekompakkan rekan-rekan personel Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang langsung bekerja di lapangan perlu dikuatkan.

Sebab kata Thamrin, personel Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mempunyai kewajiban kemanusiaan, memberikan pertolongan menyangkut keselamatan nyawa seseorang.

“Tugas dan tanggung jawab saudara sangat melekat sebagai penyelamat bencana. Oleh karenanya saya minta agar responsif dan proaktif, selain siaga dan memiliki respon cepat ketika ada bencana kebakaran. Juga harus memiliki pengetahuan mitigasi bencana untuk memudahkan pemadaman dan penyelamatan korban,” tutur Thamrin.

Diakhir sambutannya, Thamrin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personel dan regu Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Lampung Selatan yang kuat, gigih, pantang menyerah dan siap siaga setiap saat.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat HUT ke-104. Mudah-mudahan optimalisasi peran Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dalam memberikan pelayanan dan perlindungan dapat menciptakan ketentraman ditengah masyarakat,” kata Thamrin mengakhiri.

Sementara, dalam momentum peringatan HUT ke-104 kali ini, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada anggota yang berprestasi, serta santunan kepada anak yatim piatu. (Kmf)