Bacaleg Mulai Ramai Lakukan Tes Narkoba di RSUD Bob Bazar Kalianda


POJOKRAKYAT - Sejumlah Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari berbagai Partai Politik, mulai melakukan pemeriksaan bebas narkoba di RSUD Bob Bazar Kalianda, Lampung Selatan.


Hasil pemeriksaan tes urin (bebas narkoba) itu merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi Bacaleg untuk melakukan pendaftaran Calon Legislatif pada pemilu 2024 mendatang, di KPU setempat.

Ketua tim medis pemeriksaan bebas Narkoba RSUD Bob Bazar Kalianda, dr. Renny, mengamini bahwa pihaknya sudah melakukan pemeriksaan Narkoba untuk para bacaleg tersebut.

"Pemeriksaan dilakukan sesuai yang sudah dijadwalkan. Dua hari kemarin, dari Caleg PKB dan PPP, ada sekitar 30 orang. Lalu dari PAN sudah dilakukan pemeriksaan, Besok dijawalkan bacaleg dari Golkar, ada sekitar 43 orang yang akan kita periksa urinenya," ujar dr. Renny, Rabu (03/05/2023).

Menurutnya, pihak rumah sakit sudah menyiapkan hal tersebut untuk memberikan pelayanan bagi Bacaleg, sehingga sejauh ini tidak ada kendala dalam pelaksanaannya. 

“Semua untuk persyaratan tes bebas Narkoba, seperti KTP dan biayanya sudah diurus oleh masing-masing EO yang ditunjuk oleh partai. Untuk biayanya, kita kenakan sesuai perda sekitar 260 ribu per orangnya,"

Terpisah, Kepala TU RSUD Kalianda Yus Baimbang menjelaskan, untuk pelayanan bebas Narkoba sudah dibentuk tim tersendiri dari mulai tim dokternya, tim LAB, hingga tim administrasinya. 

"Angka pastinya untuk bacaleg yang sudah melakukan tes bebas narkoba, saya tidak tahu secara persis karena belum dilakukan perekapan. Namun, untuk pelaksanaannya dipastikan sudah berjalan, sejak kemarin," ucap Bang Yus. (Red)