Ketua PMI Provinsi Lampung Tinjau Persiapan JUMBARA ke-IX di Lampung Selatan


POJOKRAKYAT – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal meninjau kesiapan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMI ke-IX tahun 2023.

Riana Sari Arinal datang langsung ke lokasi Jumbara yang akan dipusatkan di Kawasan Agrowisata, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (5/6/2023)

Dalam kunjungannya, Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, didampingi oleh pengurus PMI Provinsi Lampung beserta Ketua PMI Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto.

Hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin beserta pejabat terkait dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan beserta undangan lainnya.

Diketahui, Jumbara PMI yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 26 Juni hingga 2 Juli 2023, merupakan salah satu agenda penting dalam kalender kegiatan PMI Provinsi se-nasional.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua PMI Lampung Selatan Eka Riantinawati melaporkan progres persiapan yang telah dilakukan di Kabupaten Lampung Selatan. Eka Riantinawati melaporkan langkah-langkah yang telah dilakukan untuk pelaksanaan Jumbara nasional.

Diantaranya kesiapan fisik berupa melakukan land clearing lahan perkemahan kontingen dan PMI Pusat. Kemudian membuat beberapa titik sumur bor, merenovasi doom dan toilet, serta menyediakan akses jalan menuju perkemahan.

“Kami juga memohon dukungan dari Provinsi Lampung terkait fasilitas fisik. Seperti pasokan air bersih, MCK, dan listrik agar bisa segera dilaksanakan,” kata Eka Riantinawati.

Eka Riantinawati menambahkan, untuk rencana kegiatan pembukaan Jumbara nantinya akan dipusatkan di Stadion Jati Kalianda.

“Untuk acara pembukaan rencananya akan diselenggarakan di Stadion Jati. Kita sudah lakukan pembersihan dengan gotong royong, pada Minggu kemarin,” terang Eka Riantinawati.

Menanggapi hal itu, Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal meminta agar seluruh persiapan mulai dari lokasi acara dan fasilitas pendukung lainnya agar dipersiapkan dengan baik guna membantu menyukseskan acara Jumbara tingkat nasional tersebut.

“Beberapa aspek penting dan krusial yang perlu dipersiapkan dengan baik adalah pasokan air, listrik, dan fasilitas umum. Insyaallah besok dari provinsi sudah bisa dilakukan,” katanya.

Riana Sari Arinal juga mengatakan, pelaksaaan Jumbara tersebut bertepatan dengan perayaan hari raya Iduladha 1444 Hijriah/2023 Masehi. Oleh karenanya, PMI Provinsi Lampung juga berencana akan menggelar kurban satu ekor sapi di lokasi acara.

“Insyaallah jika tidak ada halangan, PMI Provinsi Lampung juga akan berkurban satu ekor sapi disini. Agar para peserta ikut merasakan momen Iduladha,” kata Riana Sari Arinal. (Hy/kmf)