Ketua Dekranasda Lampung Selatan Hadiri Gelaran Lampung Craft 2022


BANDARLAMPUNG - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menghadiri gelaran Pembukaan Lampung Craft tahun 2022, Rabu (19/10/2022).

Dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 19-23 Oktober 2022 di Gedung Graha Wangsa Bandar Lampung, gelaran tersebut diikuti oleh 44 Stand Dekranasda yang berasal dari 15 Kabupaten/Kota dan beberapa Instansi umum lainnya.

Gelaran yang di usung oleh Dekranasda Provinsi Lampung tersebut merupakan gelaran ke-3, yang mana di tahun 2022 ini Kabupaten Way Kanan terpilih untuk dijadikan Ikon Lampung Craft 2022.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal dalam sambutannya menyampaikan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Provinsi Lampung menjadi Penopang Ekonomi pada saat Pandemi Covid-19 di tahun 2022.

Riana mengatakan agenda Ini merupakan agenda tahunan Dekranasda Provinsi dalam rangka upaya peningkatan daya saing para perajin daerah.

“Ini agenda tahunan ke 3 Dekranasda Provinsi untuk meningkatkan ekonomi dan daya saing dari para perajin yang ada di Lampung. Tahun ini kita pilih Wat kanan sebagai Ikon karena di Kabupaten Way Kanan banyak wisata-wisata yang tersembunyi dan belum banyak diketahui masyarakat luas,” ungkap Riana.

Riana mengharapkan, ajang Lampung Craft 2022 ini bisa sukses seperti tahun sebelumnya dan bisa dikunjungi banyak masyarakat, sehingga bisa meningkatan daya jual para UMKM.

“Semoga tahun ini bisa sukses seperti tahun kemarin, bisa menarik masyarakat untuk datang dan membeli produk UMKM Lampung,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Way kanan H. Raden Adipati Surya mengucapkan terimakasih kepada Gubernur beserta Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, yang telah memilih Kabupatennya sebagai ikon pada gelaran Lampung Craft ke-3 Provinsi Lampung.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan untuk menunjang kegiatan UMKM di Provinsi Lampung, dirinya akan membuat UMKM Center di Wilayah PKOR Way Halim dengan luas lahan sekitar 2 Hektar.

“Kami pemerintah Provinsi Lampung akan membuat UMKM Center di Kawasan PKOR Way Halim untuk menunjang kegiatan kegiatan UMKM,” katanya.

Arinal juga meminta untuk mencari sumber pendanaan dari para pelaku UMKM agar nantinya bisa dibantu oleh pemerintah untuk memudahkan peminjaman modal.

“Tolong nanti di cari dan di data Sumber modal para pelaku UMKM, biar nanti bisa dibantu pemerintah untuk mendapat akses modal. Dilakukan juga pembinaan dan motivasi dari Motivator biar para pelaku UMKM ini juga bisa meningkatkan kreativitas dan produksi kerajinannya,” ucap Arinal.

Acara tersebut juga dihadiri oleh anggota DPR RI Ria Gunadi, Para Kepala Daerah Kabupaten Kota se Provinsi Lampung beserta Ketua Dekranasda, Wakapolda Lampung Brigjen Subiyanto, Pejabat Daerah, BUMN dan BUMD.