DPRD Lamsel Gelar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka HUT Kabupaten Lampung Selatan ke 66

 


POJOKRAKYAT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan menggelar paripurna istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2022, yang  berlangsung di ruang sidang utama DPRD setempat, Senin (14/11/2022).

Rapat paripurna yang dimulai sekitar pukul 09.15 WIB dipimpin oleh Ketua DPRD Lampung Selatan Hendry Rosyadi didampingi oleh Wakil Ketua I Agus Sartono, Wakil Ketua II Agus Sutanto dan Wakil Ketua III Waris Basuki. Hadir mewakili Gubernur Lampung, Asisten  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Qudrotul Ikhwan, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, jajaran Forkopimda Lampung Selatan, Sekdakab Thamrin beserta jajaran Kepala Daerah dan tokoh adat Saibatin Lima Marga.

Hadir juga, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lampung Selatan Yani Thamrin serta beberapa tamu undangan lainnya. Rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten Lampung Selatan ke-66 tahun itu, diawali dengan pengantar pimpinan rapat oleh Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan uraian singkat mengenai sejarah terbentuknya Kabupaten Lampung Selatan.

“Melalui momentum hari jadi Lampung Selatan diharapkan dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan semnagat pengabdian kita untuk meningkatkan Kabupaten Lampung Selatan yang maju dan berdaya saing,” ujar Hendry Rosyadi.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Lampung Selatan Tahun ini mengambil Tema ”Bangkit Dengan Sejuta Karya”.

“Dengan mengusung tema tersebut, kita semua berharap Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai ini akan dapat tumbuh berkembang, maju dan bangkit untuk terus berkarya dengan semangat kebersamaan dan kerukunan seluruh elemen masyarakatnya,” ungkapnya.

Dirinya juga menyebutkan, peringatan Hari Jadi Kabupaten Lampung Selatan juga menjadi wahana untuk melakukan refleksi atas kinerja pembangunan dan pemerintahan secara obyektif selama perjalanan kurun waktu Tahun 2022.

“Oleh karena itu, semua keberhasilan yang telah diperoleh akan terus dipertahankan dan ditingkatkan, sedangkan program-program daerah yang belum dicapai, akan menjadi sumber inspirasi bagi kami untuk terus bersama-sama bekerja keras mewujudkan pencapaiannya,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu pula, H. Nanang Ermanto menyampaikan berbagai penghargaan yang berhasil diraih oleh Kabupaten Lampung Selatan baik penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi serta program pembangunan Kabupaten Lampung Selatan dalam rentang waktu tahun 2021 hingga 2022.

“berbagai upaya kebijakan dan program telah dilakukan dalam rangka mengurangi beban pengeluaran masyarakat, seperti efektivitas bantuan sosial dan peningkatan pendapatan masyarakat melalui UMKM. Sehingga angka peningkatan kemiskinan di Kabupaten Lampung Selatan menjadi yang terkecil di Provinsi Lampung yaitu sebesar 0,11 persen,” terangnya.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menyamakan persepsi serta komitmen karena Pemerintah daerah Kabupaten Lampung Selatan tidak akan mampu mewujudkan hal tersebut jika tidak mendapatkan dukungan dari semua pihak.

“Dari hasil pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, semoga berbagai capaian positif hasil pembangunan tersebut, Insya Allah dapat dinikmati dan dirasakan oleh seluruh masyarakat Lampung Selatan,” himbaunya.

Pada Kesempatan yang sama, Asisten  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Qudrotul Ikhwan berharap, peringatan HUT ke-66 Kabupaten Lampung Selatan dapat dijadikan sebagai momentum untuk bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi Covid-19. Hal ini juga, kata Ia, sesuai dengan tujuan dari penyelenggaraan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Yang pertama Lampung Selatan harus berbagangga dan menyambut baik proyek nasional Bakauheni Harbour City (BHC). Saat ini kondisi Masjid Agung atau Masjid Raya itu sangat megah. Itu bagus banget, bagaimana Lampung Selatan bisa mengambil peran disitu,” kata Qudrotul Ikhwan.

Oleh karena itu, lanjut Qudrotul Ikhwan, Kabupaten Lampung Selatan perlu memperbanyak event-event yang akan berujung pada peningkatan ekonomi sekitar. Baik itu melalui Karang Taruna maupun organisasi kepemudaan lainnya.

“Insyaallah tahun ini selesai. Begitu juga taman budaya, UMKM Center juga akan segera diselesaikan. Jadi ini adalah peluang yang sangat bagus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Pada situasi makro, situasi ekonomi global yang tidak menentu, menyembabkan krisis yang berkepanjangan di Eropa,” ungkapnya. (Rls)